monkey_king_by_eastmonkey_okeKisah Sun Go Kong ditulis oleh Novelis Tiongkok bernama Wu Cheng-en yang lahir di Shanyang, Huaian China pada tahun 1500 dan wafat pada tahun 1582. Wu Cheng-En adalah sastrawan dengan Pendidikan Khonghucu Tradisional.

Tokoh Tong Sam Cong pernah hidup di zaman Dinasti Tang (diperkirakan pada tahun 602 AD – 664 AD pada jaman dinasti Tang. Tetapi karakter Sun Go Kong, Tie Pat Kay dan Sam Cheng, bertiga ini adalah murni fiksi ciptaan Wu Cheng-en. Ketiganya diciptakan sebenarnya untuk mengkritik keadaan masyarakat pada zaman Ming, zaman Wu Cheng-en hidup.

Sun Go Kong melambangkan kesombongan, Tie Pat Kay kemalasan, tak dapat menahan nafsu dan Sam Cheng kebodohan. Ada pula yang berpendapat bahwa Wu Cheng-en menciptakan 3 karakter itu sebagai lambang gontok-gontokan persaingan antara Taoisme, Konfusianisme dan Buddhisme di zaman Yuan dan Ming. Sebagaimana diketahui, orang Mongol (Yuan) memanfaatkan persaingan antara kelompok-2 religius di Tiongkok untuk melanggengkan kekuasaan mereka.

Sumber :

  • Forum Tionghoa Indonesia (Purnama Sucipto Gunawan)
  • Britannica Concise Encyclopedia Tahun 2007

3,469 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

captcha

Please enter the CAPTCHA text

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>