Oleh : Xs. Dr. Oesman Arif, M.Pd

relaksasi_khonghucuLatihan relaksasi adalah latihan mengendorkan otot dan saraf seluruh tubuh. Duduklah dengan kepala dan badan lurus, perhatikan bahwa badan Anda tidak bengkok dan kepala Anda tidak menunduk. Pejamkan mata dengan santai. Tarik nafas melalui kedua lubang hidung dengan pelan, nafas tidak bersuara, tetapi tarikan nafas panjang. Demikian pula saat membuang nafas juga melalui kedua lubang hidung, pelan dan tidak menimbulkan suara. Tugas telinga Anda saat berlatih adalah mengontrol suara nafas  dengan mendengarkan suara nafas. Kalau nafas Anda masih terdengar oleh telinga berarti nafas itu masih terlalu cepat.

Orang yang sedang memainkan gitar kedua tangannya bergerak, telinga mendengakan suara gitar, perasaan dan pikiran bekerja agar menghasilkan lagu yang indah. Sebaliknya, orang yang berlatih relaksasi tidak bertujuan menghasilakan sesuatu. Relaksasi itu mengendorkan semua otot dan saraf. Mulai dari kulit kepala dirasakan sudah terasa kendor atau belum. Apabila belum kendor usahakanlah untuk membuatnya kendor. Mengendorkan otot dan saraf itu melatih rasa dan otot itu sendiri.  Dari hasil latihan yang dilakukan setiap hari, pada suatu saat, Anda akan dapat merasakan otot-otot Anda sudah kendor atau belum. Setiap kali berlatih relaksasi berlatihlah mulai dari kulit kepala terus turun ke seluruh kepala dan muka. Dilanjutkan dengan pengendoran otot leher, ke dada, ke perut, dan ke tangan kanan dan tangan kiri. Setelah itu dilanjutkan dengan pengendoran otot kaki.

Berlatih Pernafasan, termasuk latihan Relaksasi tidak ada target atau program seperti orang belajar di sekolah atau bekerja di kantor. Anak sekolah setiap tiga bulan diuji, prestasinya di nilai. Orang bekerja juga ditarget perolehan hasil kerjanya. Pada periode tertentu ada evaluasi atas kinerjanya. Orang yang berlatih Relaksasi tidak ada ujian, yang dapat merasakan ada kemajuan atau tidak adalah dirinya sendiri. Apabila ada orang yang merasa gagal berlatih lalu berhenti berlatih, itu artinya orang yang tidak tekun.

Tujuan dari latihan Relaksasi adalah membuat semua otot-otot dan saraf anda lepas dari semua ketegangan. Latihan Relaksasi ini wajib dilakukan setiap hari, sebab Anda harus meyakinkan diri Anda bahwa otot-otot dan saraf Anda tidak tegang. Maksudnya, apabila ada otot atau saraf Anda yang mengalami tegang dapat segera dikendorkan. Semua orang saat bekerja atau beraktivitas lain pasti membuat saraf dan ototnya tegang, seperti senar gitar yang sedang dimainkan perlu ditegangkan. Otot dan pikiran kita, mungkin juga perasaan kita, menjadi tegang saat kita beraktivitas. Setelah beraktivitas ketegangan otot itu tidak dapat segera mengendor kembali. Latihan Relaksasi itu membantu mengendorkon otot. Orang yang sudah berlatih Relaksasi cukup lama, dia dapat segera mengendorkan ototnya setelah bekerja, tidak perlu menunggu sampai waktu latihan. Meskipun Anda sudah dapat mengendorkan otot tanpa menunggu saat latihan, Anda harus tetap berlatih Relaksasi setiap hari. Biasanya, orang yang sudah merasa dapat mengendorkan ototnya dengan segera lalu merasa sudah hebat dan tidak perlu berlatih lagi. Sikap mengabaikan latihan Relaksasi harian ini tidak benar. Latihan Relaksasi yang terus menerus akan meningkatkan pengalamannya, dan meningkatkan tahapan latihan yang berikutnya. Latihan Pernafasan itu bertingkat, latihan Relaksasi adalah latihan awal.

2,360 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

captcha

Please enter the CAPTCHA text

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>