Setelah sekian lama hampir 1 abad Eksistensi Filsafat dan Ajaran Agama Khonghucu mulai terasa di bangkitkan kembali di Tiongkok. Semenjak masa revolusi tahun-tahun 1900 an di tiongkok sampai bercokolnya komunis, merupakan jaman kesuraman popularitas ajaran Ru Jiao.

Dan kini di era yang lebih terang dan terbuka ini, telah hadir sebuah garapan cinema yang kolosal menceritakan kehidupan Confucius ( Kongzi). Diantara kritik, protes dan harapan di Film ini, marilah kita tunggu bersama sejauh mana film ini berhasil menggambarkan Keagungan Nabi Kongzi dan apakah sesuai dengan sejarah yang tertulis??

Berikut sinopsis dan keterangan mengenai film ini yang penulis ambil dari suatu website.

film-confuciusFilm Confucius Sinopsis, Anda penggemar Chow Yun Fat atau anda penggemar film sejarah? Kalau anda menyukai kedua-duanya, maka jangan lewatkan film Confusius yang dibintangi oleh superstar Hongkong, Chow Yun Fat.

Kali ini Chow Yun Fat yang biasanya terkenal lewat aksi-aksi laganya di sejumlah film yang ia bintangi, baik film yang diproduksi dari negerinya sendiri maupun di sejumlah film Box Office seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon di tahun 2000, akan berperan sebagai filosofer.

Film Confucius Trailer Video Movie ini konon akan ditayangkan secara luas di seluruh dunia pada tanggal 28 Januari mendatang. Saat ini, tepatnya tanggal 14 Januari 2010, film tersebut telah diputar perdana di Beijing dan diprediksi akan dapat mengalahkan popularitas Donwload Gratis film “Avatar”.

“Confucius adalah seorang filosof dunia yang mengajarkan nilai-nilai kebajikan dan moralitas.Masyarakat penganut ajaran nilai-nilai Confucius yang mengutamakan nilai moral (Li) cen Confucius adalah seorang filosof dunia yang mengajarkan nilai-nilai kebajikan dan moralitas.Masyarakat penganut ajaran nilai-nilai Confucius yang mengutamakan nilai moral (Li) cenderung untuk menyatu dengan alam.

Penyatuan dan keselarasan hidup manusia dengan alam menjadikan masyarakat Confucius cenderung untuk menghindar dari konflik, baik konflik dengan sesama manusia maupun konflik dengan lingkungan alam.

Ajaran dari Filusuf Cina ini menjadikan menjadikan masyarakat Cina penganut Confucius untuk menolak bersentuhan dengan hukum. Penolakan tersebut tidak diartikan mereka sebagai masyarakat yang menentang hukum, melainkan mereka memiliki kecenderungan untuk mencari jalan damai dari setiap masalah yang mereka hadapiderung untuk menyatu dengan alam.

Penyatuan dan keselarasan hidup manusia dengan alam menjadikan masyarakat Confucius cenderung untuk menghindar dari konflik, baik konflik dengan sesama manusia maupun konflik dengan lingkungan alam.”

Nah film kolosal ini mengangkat kehidupan seorang Confucius. Ia mendapat tentangan dari pemimpin Cina saat itu Mao Zedong. Ajaran Confucius yang berlandaskan harmoni dan saling menghormati antarstrata sosial berbeda dipandang menyalahi ideologi marxisme yang dianut Mao.

Bulan lalu, Kong Jian, seorang pewaris atau turunan langsung Confucius ke 75 mengancam akan membawa produser film biografi bijak kuno itu ke pengadilan untuk meruntuhkan reputasi film Confucius.

Menurutnya, dalam film ini terdapat dialog antara Confusius dan selir Nan Zi yang menyesatkan khalayak banyak, seolah-olah Confucius tertarik secara romantis pada Nan-zi. Hal tersebut oleh Kong dianggap sebagai adegan-adegan yang jelas melawan sejarah dan merusak citra Confucius sebagai seorang bijak.

Namun wakil film itu yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan pada Sohu.com bahwa tidak akan ada perubahan atau penghapusan adegan film yang dilakukan. Dengan bertabur bintang film komersial, diperankan Chow, Zhou Xun, Chen Jianbin dan Ren Quan,

Menggambarkan Confucius sebagai sosok yang romantis dan seorang guru beladiri. Sutradara Hu Mei pernah mengatakan kepada media bahwa dia melihat Confucius bukan hanya sebagai orang suci, tetapi juga hidup sebagai manusia biasa. Penasaran dengan film ini ? Tunggu tanggal tayangnya.

source : http://www.bloggaul.com

3,287 Total Views

4 Comments

  1. 孔漢瑋 / 孔令偉
    Posted September 29, 2010 at 8:58 pm | Permalink

    Apakah banyak 文廟 di Indonesia ?
    Bolehkah diberitahu secara lengkap,?
    Saya merasa malu sekali, karena sama sekali tidak pernah belajar ajaran kongfucu.
    pada hal saya sendiri marga Khong.

  2. Posted September 30, 2010 at 8:12 am | Permalink

    Tempat Ibadah Agama Khonghucu di Indonesia khususnya disebut LiThang.
    Biasanya di Indonesia Lithang jadi satu / berada didalam klenteng.
    Tetapi ada juga Lithang yang berdiri sendiri/tidak berada di dalam klenteng.
    Kepengurusan untuk Lithang biasanya disebut MAKIN ( Majelis Agama Khonghucu Indonesia )
    Untuk alamatnya di indonesia dapat dilihat di
    http://www.matakin-indonesia.org/alamat_makin.htm

  3. L herawati
    Posted November 12, 2012 at 5:36 pm | Permalink

    Tempat / rumah ibadah umat beragama Khonghucu adalah Miao / Bio yang di Indonesia disebut kelenteng
    Dengan semakin timbulnya kesadaran umat untuk lebih mempelajari ajaran suci nabi Kong zi dan melakukan ibadah kebaktian maka di Miao /Bio/ kelenteng diadakan tempat suci yang khusus untuk kebaktian , yang disebut Li Tang , aula /ruangan suci .
    Jadi selama ini Litang merupakan bagian dari Mio/ kelenteng itu sendiri . Sekarang berkembang umat mendirikan kong Miao , kelenteng Khonghucu
    Di daerah Jawa Barat kebanyakan umat tidak melakukan ibadah di Mio/ kelenteng, karena kelenteng diubah menjadi Vihara / tempat ibadah agama Budha …
    Ini yang perlu kita luruskan bersama . .
    Terimakasih
    Wei de Dong Tian

  4. Posted November 22, 2012 at 6:02 pm | Permalink

    Terimakasih Atas tambahan pemahamannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

captcha

Please enter the CAPTCHA text

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>