Oleh : Xs. Dr. Oesman Arif, M.Pd

xiushen_jingzuoDalam agama Khonghucu Xiu Shen adalah membina diri dalam arti membina fisik dan rohani, dan belajar ilmu serta melatih kecerdasan agar masing-masing orang hidupnya lebih sehat, lebih cerdas, dan lebih sejahtera. Mempunyai tubuh yang sehat, memiliki kecerdasan, dan hidup sejahtera itu keinginan semua orang di dunia, namun untuk mewujudkannya tidak mudah. Berlatih meditasi adalah salah satu cara untuk mengendalikan emosi dan nafsu, dan menyatukan roh dan badan jasmani dalam melakukan aktivitas. Dalam kehidupan sehari-hari orang perlu menyadari bahwa melakukan aktivitas itu untuk kepentingan roh dan kepentingan badan. Emosi dan nafsu manusia perlu juga diperhatikan dalam rangka menyelaraskan fungsi badan dan roh agar manusia tetap hidup.

Orang makan saat merasa lapar. Aktivitas makan itu untuk kepentingan badan atau roh. Apabila orang itu makan dengan tujuan menyehatkan badan dia akan mencari makanan yang memenuhi syarat makanan sehat dengan ukuran yang seimbang. Misalnya, makanan sehat itu mengandung sayuran, protein, karbohidrat, lemak dalam perbandingan yang tidak merugikan kesehatan. Orang yang makan untuk menikmati kelezatan makanan juga boleh, tetapi harus memperhatikan kebutuhan kesehatan badan.

Sebaliknya, orang yang sedang berpuasa atau berpantang saat akan melakukan upacara sembahyang besar aktivitas ini untuk kepentingan roh. Dengan berpuasa atau berpantang makanan tertentu badan membantu roh untuk memusatkan perhatian pada upacara sembahyang, misalnya sembahyang King Thi Kong, Sembahyang Tang Cik, dan sebagainya. Biasanya orang berpantang makanan yang tidak berjiwa, menghindari protein hewani supaya darahnya lebih encer dan mengalirnya lancar.

Berlatih meditasi untuk menyatukan aktivitas roh dan badan, atau Gui dan Shen, agar dapat bekerja sama. Kebanyakan orang tidak bisa mengenali rohnya sendiri, mereka  hanya mengenali badannya karena dapat dilihat dan diraba. Bahkan, banyak orang tidak percaya bahwa manusia itu mempunyai roh. Mereka adalah pengikut aliran Materialisme yang menganggap manusia hidup ini seperti mesin atau robot, kesadaran manusia ini hanya dikendalikan oleh otak yang bergantung pada posphor. Mereka berpendapat bahwa tanpa posphor manusia tidak bisa berpikir.

Menurut ajaran agama Khonghucu, roh dan badan (Gui dan Shen) itu mempunyai hubungan yang tidak terpisahkan, tetapi dapat dipilahkan. Dari segi biologis dijelaskan bahwa manusia memilik saraf tak sadar yang mengendalikan bekerjanya organ-organ tubuh. Menurut ilmu Pengobatan Tusak Jarum, saraf tak sadar yang mengendalikan organ tubuh itu dikendalikan oleh Jing Luo ( 经 络 ). Jing Luo dapat diumpamakan seperti rangkaian kabel yang sangat rapat, teratur, dan sistematis yang menghubungkan berbagai organ tubuh. Kabel itu mempunyai pusat-pusat yang dapat mengontrol fungsi organ-organ itu, namun kabel itu tidak terlihat oleh mata maupun mikroskop..

Apabila ada kabel atau saluran Jing Luo yang tidak berfungsi, misalnya kabel atau salurannya kotor. Akibatnya, organ yang terhubung dengan kabel atau saluran itu rusak atau fungsinya kurang baik, artinya organ itu sakit. Untuk mengembalikan fungsi organ yang sakit dapat dibantu dengan rangsangan pada kulit dengan tusuk jarun atau dengan pijatan, atau dengan dihangatkan. Setelah diberi rangsangan saluran jing luo yang tersumbat itu akan lancar lagi. Setelah saluran Jing Luonya lancar organnya juga berfungsi kembali.

Jing Luo itu tidak tampak oleh mata manusia, sekalipun menggunakan mikroskop Elektron yang bisa memperbesar jutaan kali. Jing Luo itu bukan bagian dari jasmani tetapi penghubung antara roh dan jasmani. Dalam agama Hindu dikenal istilah Cakra yang sama dengan Jing Luo. Pada tubuh manusia terdapat titik-titik di permukaan kulit yang terhubung dengan Jing Luo yang dapat dirangsang tersebut, dalam bahasa Tionghoa disebut Xue Wei (    穴 位   ). Xue Wei ini jumlahnya ribuan, tersebar di permukaan kulit di seluruh tubuh. Bagi yang belajar Ilmu Pengobatan Tusuk Jarum perlu mengenali semua tidik itu dan hubungannya dengan organ yang dikontrolnya.

Bagi orang yang akan belajar meditasi tidak perlu mengenali semua titik Xue Wei yang jumlahnya ribuan itu. Orang cukup mengnal tiga titik yang dapat menjadi tombol mengendalikan sistem Jing Luo melalui berlatih meditasi. Tiga titik itu ialah: 1) Titik Qi Hai (  气  海   ) nama dalam ilmu Tusuk Jarum, dalam ilmu meditasi dikenal dengan sebutan Xia Dan Tian, letaknya dibawah pusar 3 cm. Bagi orang yang bertubuh kecil pendek hanya berjarak 2 cm.  Mengukurnya dengan menaruh dua jari menyilang dibawah pusar.

2) Zhong Dan Tian, atau Ulu hati.  Letaknya berada di bawah paru-paru di atas lambung.

 3) Shang Dan Tian, atau titik di pangkal hidung atau titk tan dien atas, di antara dua mata.  Titik itu oleh Nabi Khongcu disebut Tai Xu ( 太  虚   ). Artinya, titik kosong mutlak. Orang yang dapat memasukkan semua pikirannya ke titik ini pasti bisa konsentrasi. Tetapi perlu diingatkan di sini bahwa titik ini tidak boleh dilatih oleh para pemula. Titik ini akan tercapai dengan sendirinya apabila tingkat meditasinya sudah tinggi.

Orang berlatih Meditai perlu memusatkan perhatiannya pada satu titik yaitu titik dua jari di bawah pusar, atau Xia Dan Tian. Titik Xia Dan Tian (titik Tan Dien bawah) adalah titik yang harus diperhatikan saat menarik nafas dan mengluarkan nafas. Saat menarik nafas titik itu harus bergerak ke dalam, artinya perut harus mengecil (mengempes). Saat mengluarkan nafas titik itu bergerak maju, artinya perut mengembung.  Penafasan ini namanya penafasan dada.

Gerak perut mengempes itu maksudnya supaya saluran Ren Mai tertutup sehinggi Qi (  气   ) yang ada dalam perut tidak mengalir ke atas, tetapi mengalir ke bawah.  Qi itu mengalirnya menurut aturan yang benar, yaitu bila di area Yin harus mengalir ke bawah, dan bila mengalir di area Yang harus mengalir ke atas. Tubuh manusia bagian depan adalah area Yin,  jadi Qi harus mengalir ke bawah. Tubuh bagian punggung adalah area Yang, Qi harus bergerak ke atas. Xia Dan Tian ditekan ke dalam maksudnya supaya mencegah Qi mengalir naik. Dengan menekan Xia Dan Tian ke dalam adalah menutup saluran Ren Mai agar tidak ke atas. Sebaliknya, saat perut mengembung memberi kesempatan Qi yang berada di kepala untuk turun dan masuk ke perut, ke titik Xia Dan Tian.

Titik Xia Dan Tian adalah tempat menyimpan Qi, titik ini dapat diumpamakan accu pada mobil yang fungsinya menyimpan  tenaga listrik. Tubuh manusia juga menyimpan Qi sebagai juga tenaga listik statis. Muatan Qi dalam tubuh itu tidak boleh turun Tekanannya juga tidak boleh terlalu tinggi. Kalau Qi nya lemah orangnya sakit, demikian juga kalau Qi tekanannya terlalu tinggi. Berlatih meditasi itu untuk mengatur tekanan Qi agar selaras.

Selengkapnya: Berlatih Meditasi Agar Sehat Dan Awet Muda

86 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

captcha

Please enter the CAPTCHA text

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>