Oleh : Xs. Dr. Oesman Arif, M.Pd

Manusia mempunyai badan fisik yang tampak dari luar, juga mempunyai badan non fisik yang menyatu dengan badan fisik. Badan fisik ini tidak tampak, hanya membentuk sinar berwarna hijau bening berbentuk telur yang menutupi seluruh tubuh setebal kurang lebih satu meter. Orang yang sehat badan non-fisiknya bentuk telur pelindung itu kencang sempurna. Sebaliknya, badan non-fisik yang tidak sehat bentuk telur itu kendor, permukaannya tidak rata. Orang yang badan non-fisiknya sakit akan berakibat badan fisiknya sakit. Akan tetapi, orang yang badan fisiknya sakit dapat disembuhkan sendiri oleh badan non-fisik yang sehat. Orang yang sakit fisik karena akibat dari badan non-fisik yang sakit perlu disembuhkan dulu badan non-fisiknya disamping disembuhkan juga badan fisiknya.

Badan fisik dan badan non-fisik itu dapat dibedakan dari aktivitas yang dikuasainya. Nafsu sex, rasa lapar, rasa haus, merasakan kepanasan, merasakan kedinginan adalah tugas dari badan fisik. Tugas dari badan non-fisik adalah mengendalikan emosi, menggunakan pikiran, rasa ingin tahu, ras sayang, rasa kasihan, rasa malu, jatuh cinta dan sebagainya. Badan fisik dan badan non-fisik itu menyatu, tetapi berbeda.

Dalam ilmu pengobatan Tionghua tubuh manusia dibagi atas dasar badan non-fisiknya dan badan fisiknya. Organ-organ tubuh juga dikendalikan dan diatur oleh sistem Jing Luo ( 经 络  ) yang mengatur peredaran Qi ( 气  )  atau Bio energi. Ada titik-titik yang disebut Xue ( 穴    ) pada permukaan kulit yang menghubungkan sistem Jing Luo dan organ tubuh. Sistem Jing Luo, energi Qi, dan pembagian tubuh manusia menurut pengobatan Tionghua tersebut tidak dapat dilihat oleh mata biasa maupun oleh mikroskop. Para tabib Tionghua yang pandai dapat menganalisa penyakit yang ada dalam badan non-fisik pasiennya.

Orang yang tidak menyadari bahwa dirinya mempunyai badan fisik dan badan non-fisik hanya akan memperhatikan tubuh fisiknya saja. Dia hanya mengakui satu sisi dari kehidupannya, yaitu kehidupan lahiriah. Orang yang terganggu emosinya, karena rasa marah yang berkepanjangan, rasa benci dan dendam, rasa sedih dan kecewa dalam waktu lama akan menyebabkan badan non-fisiknya sakit, dan berakibat pada penyakit fisik yang mungkin sukar disembuhkan. Ketidak-tahuan adalah bagian dari kebodohan. Orang yang menyadari kebodohannya wajib segera belajar untuk menghilangkan kebodohannya.

Orang priya jatuh cinta pada seorang perempuan karena diantara mereka ada komunikasi emosi yang cocok. Mereka berdua merasa nyaman secara emosi saat bersama. Percintaan mereka sangat mendalam yang mungkin tidak dapat dipahami orang lain. Mungkin mereka dua orang yang berbeda latar belakang budayanya, mungkin juga berbeda latar belakang agama dan kelas sosialnya. Mungkin mereka juga tidak bisa menjadi pasangan suami istri karena tidak direstui orang tuanya. Percintaan anatara dua orang itu bukan kebutuhan badan fisik, tetapi kebutuhan badan non-fisik, dengan bijaksana mereka dapat berpisah dan tetap menjadi sahabat atau saudara.

Hubungan sex antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan memberi kenikmatan fisik, tetapi hubungan cinta antara seorang laki-laki dan seorang perempuan memberi kenikmatan emosi, yang termasuk kebutuhan badan non-fisik. Orang belajar di sekolah pada saatnya dia menjadi pandai juga ada kenikmatan intelektual, bukan kenikmatan fisik, tetapi kenikmatan badan non-fisik. Seorang pandai mendapat keduddukan ringgi dalam pemerintahan, dia bekerja sangat sibuk, secara fisik dia lelah, tetapi dia bangga karena ada kenikmatan sosial. Kenikmatan sosial termasuk kenikmatan non-fisik. Orang yang rajin belajar mengejar ilmu sering mengalami kelelahan dan penderitaan fisik, tetapi dia akan mendapat kenikmatan non-fisik dengan mendapat penghargaan dalam masyarakat.

Kenikmatan spiritual juga akan diperoleh mereka yang mempelajari dan berlatih Jing Zhou secara sungguh-sungguh. Kenikmatan spiritual itu antara lain dia memiliki pandangan batin yang luas dan lengkap sehingga dapat melihat masalah dan pemecahannya dengan jelas. Orang ini pikirannya lebih jernih dalam melihat masalah, dia juga dapat melihat permasalahan seperti melihat benda didepan matanya. Pengalaman spiritual memang sulit dijelaskan dengan kata-kata, tetapi hal itu nyata dan membuat dirinya sendiri terheran-heran, sebaliknya bila dijelaskan kepada orang lain mungkin tidak akan dipercaya. Pengalaman spiritual seseorang membuat dia menjadi lebih bijaksana, dan lebih percaya diri, tetapi tidak untuk diceritakan, dalam bahasa Inggris disebut Non-Verbal Wisdom.

Mereka yang menjalankan ibadah agama dengan tekun, teratur, dan penuh iman juga akan mendapatkan kenikmatan spiritual. Mereka sering mendapat petunjuk dari Tuhan saat perlu memecahkan masalah.Bagi orang yang tidak religius, pengalaman spiritual ini sering dianggap ilusi atau halusinasi. Bagi orang yang religius dan selalu mendekatkan hatinya kepada Tuhan sering mengalami hal ini dan dia percaya bahwa dia telah memperoleh petunjuk dari Tuhan saat perlu mengatasi masalah. Dan mereka membuktikan bahwa petunjuk dari Tuhan itu benar, dan dapat memecahkan masalah dengan baik.

Persyaratan orang berlatih pernafasan
Orang yang berlatih pernafasan perlu mengendorkan otot dan syarafnya, kemudian menyatukan pikiran dan perasaannya untuk mengontrol nafasnya. Semakin lama orang berlatih nafasnya semakin panjang dan dalam. Berlatih tahap demi tahap, orang akan mengerti isi hatinya sendiri. Dia akan dapat membersihkan hatinya dari rasa yang tidak mengenakkan. Latihan pernafasan ini bukan untuk mencari kekuatan tenaga dalam atau kekuatan supra natural. Orang berlatih pernafasan untuk mengatur nafas agar nafasnya panjang dan dalam, mengendorkan otot dan syaraf, membersihkan hati dari rasa benci dan dendam, menetralkan kesedihan serta penyesalan, dan membuka hati untuk berlapang dada dalam menghadapi berbagai masalah.

Pada tingkat latihan tertentu orang akan menyadari bahwa badan fisik manusia itu semakin hari semakin tua, sedangkan badan non-fisik tetap bersemangat dan tidak pernah tua. Apabila orang tua tidak hati-hati dia akan berperilaku seperti orang muda, fisiknya yang semakin lemah akan cepat rusak. Orang tua perlu membatasi diri dalam beraktivitas, jangan hanya mengikuti semangat, tetapi merusak tubuh fisiknya. Orang tua perlu memperhatikan makanan agar tidak terganggu kesehatannya. Makanan yang berlebihan tidak berguna bagi tubuh tua, sebaliknya akan menjadi beban dan merusak organ. Orang tua tidak bisa berolah raga seperti anak muda, tulang-tulangnya sudah rapuh, mudah patah, ototnya juga mudah cedera. Sudah menjadi kodrat manusia dan benda-benda di alam semesta karena berjalannya waktu semuanya berubah terus menerus. Orang muda pelan-pelan menjadi tua, dan yang tua semakin lemah.

Orang yang ingin berlatih pernafasan lebih baik mulai sejak usia muda, sebelum terlanjur penyakit orang tua menyiksanya. Penyakit orang tua yang umum adalah hipertensi, asam urat, rematik, gula darah, kolesterol tinggi. Dengan berlatih pernafasan sejak usia muda dengan tekun dan teratur mungkin bisa menghindari penyakit-penyakit tersebut, atau menunda datangnya penyakit tersebut. Banyak orang tertarik berlatih pernafasan setelah menderita sakit yang tidak dapat disembuhkan oleh ilmu pengobatan yang mana pun. Apabila orang sudah terlanjur sakit baru berlatih hasilnya tidak optimal. Orang lebih baik memelihara dan menjaga kesehatan badan fisik dan badan non-fisik sebelum orangnya sakit.

Orang yang berlatih pernafasan perlu sikap disiplin waktu dan disiplin dalam menata hidup kita. Orang perlu memperhatikan makanan yang sehat dan tidak membawa dampak negatif pada tubuh. Orang makan perlu berganti-ganti menu untuk menghindari kebosanan juga untuk menghindari penumpukan unsur tertentu dalam tubuh. Kebutuhan tubuh terhadap berbagai unsur untuk membangun tubuh dan menjaga stamina bersumber dari bahan makan. Orang boleh makan daging dalam jumlah secukupnya, orang juga boleh makan buah dan sayur juga dalam jumlah tertentu. Makanan apapun bila berlebihan akan membawa akibat buruk bagi tubuh. Setiap kali makan orang perlu memperhatikan dampak dari makanan yang dimakan, jangan karena ada kesempatan makan enak gratis lantas makan sebanyak-banyaknya.

Menjaga kesehatan juga perlu kedisiplinan mental, kepatuhan moral, dan harga diri. Orang makan tidak mengutamakan kenyang, tetapi juga mempertimbangkan rasa dan manfaat bagi kesehatan. Makanan yang sehat adalah masakan yang segar, artinya makanan yang bahan mentahnya baru, masih segar dimasak, dan sebelum dingin sudah disajikan untuk dimakan. Masakan yang sudah lewat beberapa hari sudah tidak sehat untuk dimakan, bahkan bisa busuk dan menimbulkan sakit.

Sumber : Meditasi Berlatih Pernafasan Untuk Kesehatan oleh Xs. Dr. Oesman Arif, M.Pd

11,986 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

captcha

Please enter the CAPTCHA text

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>