Oleh : Xs. Dr. Oesman Arif, M.Pd

sun_go_kong_monkey_king_khonghucuMenurut Yi Jing ajaran Khonghucu, ada 108 jurus, 72 Perubahan Bumi (Di Bian) dan 36 Perubahan Langit (Tian Bian). Sun Go Kong baru belajar 72 di bian (Di Bian) tetapi sudah merasa hebat. Dia tidak tahu bahwa masih ada. 36 jurus Tian Bian (Tian Bian).. Sun Go Kong adalah sindiran bagi murid Khonghucu yg baru belajar 72 Di Bian yaitu ilmu duniawi sudah merasa hebat, dan bangga. Jurus 36 Tian Bian adalah jurus spiritual. Untuk mempelajari 36 Tian Bian ini syaratnya memang harus menguasai 72 Di Bian lebih dulu lalu diamalkan dengan benar, bukan dengan kesombongan. Kalau ada orang yg mengatakan ajaran Khonghucu tidak ada ajaran spitualnya itu sama dengan Sun Go Kong maka temannya Cu Pat Kay, simbol nafsu, dan Sa Cing, simbol apatisme. Bagaimana cara mempelajari 36 Tian Bian? Jawab Nabi Khongcu bereskan rumah tangga dulu. Sun Go Kong tidak memenuhi syarat karena tidak punya rumah tangga. ( tanpa ayah, ibu, istri dll)

Kalau orang menguasai 72 Di Bian dia kuat dan kaya, kalau menjadi sombong maka bisa kena hukuman penjara seperti Sun Go Kong ditindih gunung selama 500 tahun.

72 Di Bian berisi ajaran menata hidup. Banyak orang hidupnya belum tertata mau mencari ilmu spiritual (36 Tian Bian). Dalam masyarakat banyak orang menjual “spiritual” untuk mendapat uang, pada hal dia sendiri belum mendapatkan, maka yang di jual itu pasti palsu. Ilmu dari 36 Tian Bian itu tidak bisa dipelajari oleh mereka yang belum lulus 72 Di Bian. Maka Nabi khongcu mengingatkan agar manusia konsentrasi pada 72 Di Bian dulu.kalau sudah lulus secara otomatis masuk ke 36 Tian Bian. Dalam kitab Rahasia Bunga Emas Nabi Khongcu mengingatkan jangan berlatih Diaoshen (雕神)mengendalikan  roh, itu berbahaya, orang hanya boleh berlatih mengatur nafas, mengatur Qi dan menata hati. Ini masih termasuk 72 Di Bian.

Kitab Rahasia Bunga Emas adalah pembahasan tentang Roh dan nyawa yg bersumber dari kitab Yi Jing, kitab itu zaman dulu tidak boleh ditulis hanya boleh diceritakan secara lisan, oleh Kaisar Yong Zhen baru kemudian diperintahkan untuk ditulis.

5,352 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

captcha

Please enter the CAPTCHA text

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>